Skip to main content

Halloween : Saat Setan Tidak Lagi Dilirik

Labu di Farmer Market
Labu-labu kuning bertumpuk di sisi gedung Walmart, supermarket Athens. Saat masuk ke dalam toko, gambar labu kuning dengan pahatan wajah menjadi dekorasi mayoritas. Di rak khusus dipajang berbagai macam souvenir. Topi sihir, topeng, tengkorak, hingga baju putri-putri. Coklat-coklat dan permen diskon besar-besaran. Bulan ini Oktober dan Halloween selalu dirayakan di penghujung bulan.

Tak cuma di Walmart, Kroger, salah satu toko serba ada yang mengkhususkan pada bahan makanan buah dan sayur pun tak ketinggalan mendekorasi tokonya dengan tema Halloween. Bahkan toko tersebut membuat gua khusus  yang di dalamnya ditempatkan berbagai macam hantu-hantu barat. Saya tidak pernah berani masuk ke dalamnya. Hahahaha. Ara juga tidak.

Di Toko Halloween
Bahkan beberapa toko khusus menjual perlengkapan Halloween. Mulai dari orang-orangan sawah penghias rumah, tiruan sarang laba-laba, gravestone, pedang-pedangan, hingga baju kesatria templar atau topeng kandidat calon presiden Amerika. Menurut Wikipedia, Halloween adalah perayaan paling besar kedua yang dirayakan orang barat khususnya Amerika setelah natal.

Tradisi Halloween dulunya dirayakan oleh masyarakat Celtic yang tinggal di daerah Irlandia, Inggris, dan Utara Perancis. Tradisi ini awalnya bernama Samhain (Baca : Sow-in). 31 Oktober dianggap sebagai akhir tahun. Masa berakhirnya musim panas dan musim panen dan dimulainya masa gelap, musim dingin yang dianggap dekat dengan kematian. Mereka meyakini bahwa saat itu jembatan antara dimensi manusia dan dimensi kematian terbuka. Arwah-arwah dari dimensi kematian dapat masuk dan membuat kekacauan. Masyarakat Celtic beranggapan bahwa dengan menggunakan kostum topeng atau hantu-hantu dapat mengalabui para hantu yang menyeberang ke dunia manusia.

Di abad ke 9, saat agama kristen mulai menyebar di masyarakat Celtic, gereja berusaha mengganti perayaan Smhain itu dengan perayaan penghormatan pada roh-roh suci  yang jatuh tanggal 2 november yang disebut All Souls' day. Bentuk perayaannya pun sama dengan menggunakan kostum malaikat, evil, dan orang-orang suci. All Souls' Day juga disebut All Hallows. Dan malam sebelum All Hallows disebut All Hallows Eve yang kemudian berubah menjadi Halloween.

Trick or Treat
Parade di Court Street
Di masa modern (1920an) perayaan Halloween  tidak lagi identik dengan ritual agama. Perayaan Halloween dilakukan dengan mengadakan pesta kostum, parade, dan trick or treat oleh anak-anak. Trick or treat adalah tradisi mengetuk pintu rumah orang dan meneriakkan trick or treat. Tuan rumah akan memberikan coklat atau permen sebagai treat. Tapi jika mereka tidak memberi coklat atau permen maka anak-anak melakukan trick misalnya  menjahili tuan rumah. Tapi sekarang ini trick tidak lagi dilakukan. Trick or treat adalah tradisi halloween khusus untuk anak-anak  dengan costumnya masing-masing, berkunjung ke rumah-rumah tetangga membawa tas untuk diisi coklat.  Trick or treat semacam tradisi silaturahmi antara tetangga.

 Di Indonesia, tradisi Halloween dirayakan oleh masyarakat urban kota yang mengkopi tradisi barat. Hanya dirayakan oleh club-club, pub, atau cafe  dengan mengadakan pesta kostum. Tapi beberapa waktu lalu di fesbuk saya melihat beberapa orang merayakan sebagai ajang kumpul keluarga atau hang out bareng teman. Saya tidak pernah merayakan Halloween sebelumnya. Perayaan Halloween di Athens ini adalah perayaan halloween pertama saya.
"Kamu pake kostum apa?" tanya Ara

Saya sangat antusias mencari kostum buat Ara. Ara sih asyik-asyik saja punya kostum atau tidak, tidak masalah buatnya. Hehehehe. Kostum Halloween tidaklah murah. Awalnya cari di toko pakaian bekas, tapi tidak ada. Jadilah saya mencari di Walmart. Tidak dilihat dari bentuk pakaiannya tapi dilihat dari harganya. Dan baju yang paling murah adalah baju witch warna pink seharga 14 dollar (cukup mahal dalam rupiah, jadi tidak usah dihitung). Pengennya sih dia pake baju snow white, tapi harganya 20 dollar, lebih mahal. hih!!!!

Trick or treat dilaksanakan tanggal 25 di rukun tetangga Athens. Hahahahaa. Neighboorhood maksudnya. Sayangnya Ara tinggal di apartemen yang nda punya lingkungan rukun tetangga, jadi nda ikut trick or treat. Mau ikut yang diadain comunity center tapi kejauhan, terlalu sore, dan nda ada angkutan umum kalo malam. Jadinya kami merayakan halloween tanggal 27, sabtu malam. Perayaan khusus untuk para mahasiswa dan orang dewasa.
Bersama Putri Salju

Sepanjang jalan menuju court street, tempat acara diadakan orang-orang menggunakan pakaian berbagai macam. Baju musang dengan ekor panjang. mario bros, minion, nerd, Marlin Monroe, caveman, putri salju, peri. Sedangkan kostum-kostum monster  atau setan tidak lagi menjadi pilihan untuk pesta kostum. Beberapa malah ada yang berpakaian seperti kotak kantor polisi. Dengan PD berjalan-jalan. Ada juga berkostum lego dan paling kreatif adalah sekedar menggunakan paper bag belanjaan kroger trus kasi celah untuk mata. Hahahahahahaa. Kupikir Halloween adalah perayaan dimana kebebasan ekspresi begitu dijunjung tinggi.
Mr. Lego

Sayangnya cuaca terlalu dingin sehingga kami tidak terlalu lama jalan-jalan di court street. Saya menggunakan topi sihir, dan Kak Yusran membeli topi beruang dengan harga begitu mahal. Hahahahahahaa. Begitulah, harusnya kalo mau ikut perayaan halloween dengan kostum harusnya disiapkan jauh sebelumnya biar lebih matang dan irit harga. Topi beruangnya hmmm....lebih mahal dari baju penyihirnya Ara. wkwkwkkwwkwkwk. "anggap kalah judi" kataku menirukan advice k yusran waktu mesin koin menelan uang 5 dollarku dan tidak menggantinya dengan koin.

Carving Pumpkin
Carving Pumpkin

Halloween identik dengan labu. Labu ini dikenal dengan nama Jack O Lattern. Ceritanya adalah ada seorang petani yang menipu iblis jahat. Ketika ia mati, ia tidak diterima di surga dan juga tidak diterima oleh neraka karena menipu iblis tersebut. Sehingga ia gentayangan. Ia kemudian memahat labu dan membuat lampion. Menggunakannya sebagai penerangan untuk bergentayangan di dunia. Nah, di saat halloween, labu-labu disimpan di depan pintu rumah untuk mengelabui para hantu yang akan masuk ke rumah.

Keliatan kan gambarnya?

Mengukir labu salah satu bagian dari halloween. Tanggal 31 oktober kemarin, saya turut hadir di acara carving pumpkin Global meet and greet yang diadakan International Student Union. Hmmm...agak susah juga mengukir labu. Untungnya ada pola yang bisa diikuti. Jadi tinggal menempel pola dan diukir deh. Pisaunya pun khusus. Tapi trust me, labu orange lebih lembek dari labu di Indonesia.

Face painting :D Meow

Saya berhasil mengukir labuku. Hahahahaha...nda terlalu bagus sih, tapi mirip hantulah penampakannya. Kalo pun nda mirip, anggaplah seperti itu. Pas tanggal 31 Oktober itu ada trick or treat di Court Street, tapi cuaca sangat dingin dan gerimis jadi kami lebih memilih merayakan di gordy sambil face painting dan henna di tanganku. Gambarnya naga, tapi kak Yusran selalu bilang "the girl with worm tatto" hahahahaha. Anyway, saya cukup bersenang-senang menimba banyak pengalaman merayakan halloween. Happy Halloween :).(*)

Comments

Popular posts from this blog

The Intimate Lover

Apa yang akan kamu lakukan jika bertemu Mr. Rightman sesaat sebelum kamu menikah?

Ms. Girl, perempuan yang telah bertunangan bertemu dengan Mr. Boy disuatu hari di dalam lift. Hanya mereka berdua di dalam lift yang meluncur turun dari lantai 20. "Jika tidak ada orang yang bersama kita dilift ini hingga lantai dasar, maka aku akan mentraktirmu minum"kata pria itu. Sayang, sang wanita memilih menginterupsi lift tersebut. Berhenti satu lantai sebelum lantai tujuan mereka dan memilih pergi.

Tapi gerak bumi mendekatkan mereka. Tak berselang waktu mereka kembalib bertemu dan saling bercakap. Tak bertukar nama, memilih menjadi orang asing bagi masing-masing. Bertemu, berkenalan, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama. Menyerahkan pada semesta kapan mereka hendak berpisah.

Namun, ketika semesta mengharuskan mereka berpisah, dua orang tersebut telah saling jatuh cinta. Seberapa pun mereka berusaha berpisah, hati mereka tetap saling ingin bertemu. Saling dekat. Keduanya mem…

Dapat Kiriman Moneygram

Ini adalah pengalaman pertama saya mendapatkan kiriman uang dari luar negeri. Sedikit norak dan kampungan sih. Tapi tak ada salahnya membaginya di sini. Setelah saya googling di internet kurang yang mau berbagi pengalaman tentang transferan luar negerinya. Nah, karena Kak Yusran yang bersekolah di Amerika berniat mengirimi saya uang buat tiket ke Bau-Bau, maka dia akhirnya mengirimkan uang. Dalam bentuk dollar lewat jasa layanan Moneygram yang banyak tersedia di supermarket di Amerika. Moneygram sama seperti Western Union. Tapi Western Union lebih merakyat. Mereka bekerja sama dengan kantor Pegadaian dan kantor pos. Sehingga di kampungku pun ada fasilitas Western Union (tapi saya belum tahu berfungsi atau tidak). Moneygram sendiri setahu saya hanya bekerja sama dengan beberapa bank. Saya belum pernah tahu kalo Moneygram juga sudah bekerja sama dengan kantor pos, meskipun informasi dari teman-teman di twitter mengatakan demikian. Jasa layanan pengiriman uang macam Moneygram dan Western…

Susahnya Hunting Playgroup

Usianya sudah 3 tahun 10 bulan tahun ini. Dia suka bilang, "Mama, Ara mau sekolah". Dia juga suka main sekolah-sekolahan dengan saya. Memaksa saya jadi guru atau dilain waktu ia menjadi guru saya. Ia cukup demanding menjadi guru. Kadang kalo saya tidak memperhatikan dia atau tidak sesuai sekenario cerita yang ada di kepalanya dia bakal marah dan teriak kencang. 
Tahun pelajaran baru akan segera dimulai. Saya pun grasak grusuk nyari informasi tentang sekolah untuk kanak-kanak. Di awal tahun 2015 saya sudah sibuk searching di internet. Dapat info tentang sekolah alam di daerah Bogor. Pendaftaran gelombang pertamanya udah tutup. Sekolah ini awalnya jadi prioritas. Konsep sekolah alam yang lagi ngetrend dengan sistem pembelajaran yang berbeda dari sekolah mainstream cukup ampuh membuat saya ingin menyekolahkan Ara di sana. Sekolahnya masuk kompleks. Lahannya luas. Ruang kelasnya berupa saung bambu. Ilmu agamanya bagus. Yang nda sesuai adalah harganya yang melambung tinggi. Sekita…