Skip to main content

Thanksgiving Di Ohio University

Perayaan Thanksgiving masuk dalam perayaan penting di Amerika. Ada hari libur khusus yang disediakan pemerintah untuk merayakan Thanksgiving. Jika Halloween identik di bulan Oktober maka November identik dengan perayaan Thanksgiving. Namun gegap gempita Halloween masihlah lebih meriah dari Thanksgiving.

Thanksgiving adalah tradisi yang biasanya dirayakan oleh Amerika dan Kanada. Tradisi ini dilakukan pada kamis keempat November di Amerika. Perayaan Thanksgiving bukanlah perayaan keagamaan, tapi lebih kepada perayaan hasil panen. Mengucap syukur atas panen yang dihasilkan sebelum memasuki musim dingin. Thanksgiving menjadi ajang mudik bagi warga Amerika. Thanksgiving identik dengan berkumpul bersama keluarga dan makan bersama.

Thanksgiving dan Makanan Khasnya

Kalkun Panggang

Seminggu lalu, saya menghadiri Thanksgiving Dinner di OU. Acara ini sedikit formal dengan peralatan silverware dan pertunjukan dari Ohio University Singers. Paduan suaranya sangat bagus, meski Ara lebih tertarik berjalan-jalan keluar masuk ruangan dibanding mendengar bule-bule bersuara keren itu menyanyi.

Tapi yang paling menarik bagi saya adalah makan-makan. Hehehehehe. I just paid $5 and eat as much as i can, but tetap elegan dan behave. Soalnya sedikit resmi. Ada 96 kursi yang disediakan dengan meja-meja bundar dan kursi-kursi yang mengelilinginya. Tapi beberapa meja tidak terlalu penuh. Makanan cukup banyak. Panitia dengan baik hati menawarkan untuk tidak malu-malu menambah makanan. Hahahahaha. Boleh bungkus nda y? Behave plisss!

Apa saja makanan Thanksgiving. Hmmm...ada telur rebus yang dikasi mayonaise (lupa namanya), roti mangkuk yang dimakan dengan krim kayak mentega (lupa namanyanya), Sweet Potato, kalo di Indonesia namanya ubi jalar. Tapi penampakan makanan ini dan olahannya sangat amerika dan enak dimakan. Semacam bubur ubi jalar yang dikasi gula. Sweet Potato ini adalah favoritku. Ada Mashed Potato, bubur kentang yang rasanya asin. Kemudian, kacang-kacangan yang diolah kayak sayuran. Trus ada oseng-oseng kacang panjang yang nda tau itu jenis sayuran apa. Penampakannya mirip kacang panjang. Terakhir kalkun panggang plus saus cranberrienya.

Kalkun adalah makanan khas Thanksgiving. Menurut wikipedia, seperenam dari total kalkun yang diternakkan di Amerika dikonsumsi saat Thanksgiving. Kalkun panggang lumayan enak dilidah saya. Dengan catatan hanya bagian dagingnya yang kering. Rasanya mirip daging ayam. Sedangkan daging bagian paha yang sedikit berminyak rasanya agak aneh dan sedikit bau. Mungkin inilah rasa kalkun yang sebenarnya. Dimakan dengan cara mencocol daging kalkun di saus cranberrie. Mirip selesai strawberry, kalo dibayangkan mungkin rasanya bakal berbenturan antara manis, asin ,gurih. Tapi, jangan judge dari tampangnya, rasanya diluar imajinasi. Yang pasti enak :).

pie labu

Tak lupa puding coklat dan pie labu sebagai dessert. Minumannya adalah ice tea, jus apel cider, dan kopi hanget. Saya sempat khawatir ada makanan dengan bahan bacon atau pork yang disajikan, tapi ternyata tidak ada. Jadi saya mencoba tiap masakan kecuali pie labu. Saya sudah pernah mencoba pie labu dan rasanya sedikit aneh. Karenanya saya tidak menyentuh pie yang disajikan malam itu.

Sayangnya, tak ada foto-foto yang bisa ditampilkan di blog ini. Fotograferku sedang kuliah waktu acara Thanksgiving ini. Hehehehehee. Saya hanya menampilkan foto thanksgiving dari google :D. Anyway, Ara sangat doyan makan sajian Thanksgiving itu. Too bad, saya nda tau gimana masaknya. (*)

Comments

Popular posts from this blog

The Intimate Lover

Apa yang akan kamu lakukan jika bertemu Mr. Rightman sesaat sebelum kamu menikah?

Ms. Girl, perempuan yang telah bertunangan bertemu dengan Mr. Boy disuatu hari di dalam lift. Hanya mereka berdua di dalam lift yang meluncur turun dari lantai 20. "Jika tidak ada orang yang bersama kita dilift ini hingga lantai dasar, maka aku akan mentraktirmu minum"kata pria itu. Sayang, sang wanita memilih menginterupsi lift tersebut. Berhenti satu lantai sebelum lantai tujuan mereka dan memilih pergi.

Tapi gerak bumi mendekatkan mereka. Tak berselang waktu mereka kembalib bertemu dan saling bercakap. Tak bertukar nama, memilih menjadi orang asing bagi masing-masing. Bertemu, berkenalan, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama. Menyerahkan pada semesta kapan mereka hendak berpisah.

Namun, ketika semesta mengharuskan mereka berpisah, dua orang tersebut telah saling jatuh cinta. Seberapa pun mereka berusaha berpisah, hati mereka tetap saling ingin bertemu. Saling dekat. Keduanya mem…

Kesatria Putih dan Peri Biru

Di sebuah zaman, di negeri antah berantah tersebutlah sebuah kerajaan bernama Koin Emas. Di kerajaan ini semua rakyat rajin bekerja dan pandai menabung. Setiap koin yang dihasilkan dari bekerja setiap harinya disisihkan untuk ditabung untuk masa depan.

Sang raja memiliki tempat penyimpanan khusus untuk setiap koin yang disisihkan rakyatnya. Namun terdapat satu koin pusaka yang telah turun temurun diwariskan oleh raja-raja terdahulu. Koin itu diyakini drachma asli dari Dewa yang diturunkan khusus dari langit dan diwariskan untuk menjaga kesejahteraan kerajaan Koin Emas.

Koin pusaka tersebut menjadi pelindung kerajaan Koin Emas. Jika koin itu hilang diramalkan kesejahteraan di kerajaan Koin Emas akan berubah menjadi kesengsaraan. Koin itu pun dinilai memiliki khasiat mampu member kekuatan dan kekuasaan bagi yang memilikinya. Raja begitu menjaga pusaka tersebut. Ia takut jika koin pusaka itu hilang atau dicuri.

Hingga suatu hari kedamaian di kerajaan itu terganggu. Seekor Naga Merah men…

Dapat Kiriman Moneygram

Ini adalah pengalaman pertama saya mendapatkan kiriman uang dari luar negeri. Sedikit norak dan kampungan sih. Tapi tak ada salahnya membaginya di sini. Setelah saya googling di internet kurang yang mau berbagi pengalaman tentang transferan luar negerinya. Nah, karena Kak Yusran yang bersekolah di Amerika berniat mengirimi saya uang buat tiket ke Bau-Bau, maka dia akhirnya mengirimkan uang. Dalam bentuk dollar lewat jasa layanan Moneygram yang banyak tersedia di supermarket di Amerika. Moneygram sama seperti Western Union. Tapi Western Union lebih merakyat. Mereka bekerja sama dengan kantor Pegadaian dan kantor pos. Sehingga di kampungku pun ada fasilitas Western Union (tapi saya belum tahu berfungsi atau tidak). Moneygram sendiri setahu saya hanya bekerja sama dengan beberapa bank. Saya belum pernah tahu kalo Moneygram juga sudah bekerja sama dengan kantor pos, meskipun informasi dari teman-teman di twitter mengatakan demikian. Jasa layanan pengiriman uang macam Moneygram dan Western…