Skip to main content

Cinta Kekasih Gelap (Sebuah Resensi)

Cinta seperti air. mencari tempat untuk mengalir. menjadi arus deras jika ia begitu meluap. menantang segala bebatuan cadas yang ada di depannya. Sekalipun ia bertemu tembok, ia tetap akan merembes. mencari cara agar tetap mengalir. Cinta seperti air, Let it flows.


apakaha cinta hanya dimiliki oleh aku dan kamu? orang pertama dan orang kedua? Apakah cinta jika mengalir pada orang ketiga akan menemukan cabangan sungai yang membelah arus. Dimana letak cinta itu sesungguhnya?


Sekali lagi Sanie B Kuncoro memesonaku dalam balutan kalimat-kalimat cinta yang begitu lembut sehingga tajam mengiris imajinasiku. kekasih gelap menceritakan cinta dari tiga sisi. Buku ini sudah cukup tua. Cetakan pertama tahun 2006. Berisi dua buah cerita tentang cinta antara orang pertama, kedua, dan juga orang ketiga. Cerita ini menjadi juara lomba II cerber majalah Femina tahun 2003.


Cerita pertama bertajuk, Jalan Sunyi. Limar dan Puan adalah sepasang kekasih yang akan segera menikah. Persiapan pesta telah dilakukan dengan sangat detail. Namun semua berubah ketika Puan, sang calon mempelai perempuan memutuskan untuk menenangkan pikiran di sebuah desa. Melepas penat untuk urusan pernikahan. Dan di desa itulah dia menemukan sosok Darga, arsitektur muda yang mampu menimbulkan getaran-getaran pada hati Puan saat Darga menatap matanya.


Puan pun lantas mempertanyakan hatinya. Sebuah rasa bersalah bersemai di hatinya. Ketika ia mendapati dirinya lebih memikirkan Darga daripada Limar bahkan disaat sesi foto pre-weddingnya.
Puan yang seorang pelukis tak mampu melepaskan ingatannya akan Darga. Dilukisnya pria itu. Sebuah potret yang sempat dilihatnya di balik jendela ketika Darga diam-diam menungguinya di halaman untuk sekedar mengetahui apakah ia baik-baik saja. Limar menebaknya dengan benar. Sesaat Puan tidak bisa melarikan diri dan menemukan dirinya tersudut.


Namun ternyata Limar memberikan pilihan kepadanya. melebur cincin pernikahan yang akan mereka sematkan kelak di hari pernikahan atau membiarkannya tetap dengan jadwal semula. Limar memberinya pilihan untuk meraih bahagianya. Dan Puan telah memilih pilihannya.
Namun jalan sunyilah yang ternyata dipilih ketiga orang tersebut. Saling melepaskan.Darga pun pada akhirnya menolak kedatangan Puan yang lebih memilihnya. Karena ia menyadari cinta Limar ternyata lebih besar dari yang dia punya.


Sanie mengajikan sebuah cinta tiga sisi yang cukup menyedihkan. Kesemua tokohnya pada dasarnya memiliki cinta yang begitu kuat. Limar yang memilih membiarkan Puan menentukan pilihannya.


“Dia, pemilik punggung itu, barangkali mempunyai sesuatu yang tak kupunya. Sesuatu yang membuat hatimu terbelah.itu bukan dosa, karenanya jangan mengingkari hatimu sendiri. Yang terpening adalah kebahagiaanmu. Apa yang terjadi kemudian sepanjang demi kebaikanmu, maka aku akan rela... melepasmu.” (hal 66)


Darga yang juga begitu mencintai Puan hingga terhenti waktunya. Urakan tak terurus ketika Puan meninggalkannya.


“Kau pikir hidup berhenti?”
“Kau yang menghentikannya bagiku.”....
“Begitu?” Puan tersenyum. “Baik, kalau begitu akan kubuat hidupmu berjalan lagi. Ayo lakukan apa yang seharusnya kau lakukan.”
“Memelukmu” ...(Hal 70)


Darga pun tersadar bahwa ternyata cinta Limar lebih besar dari yang dia miliki. Meski pada akhirnya ia harus mencampakkan Puan dengan sangat menyakitkan.


Melihatmu hari itu kembali padaku, adalah kejutan yang tak terlukiskan. Seperti musafir menemukan oase, seperti daun kering menemukan tetes embun. Seperti pertanyaan yang menemukan jawaban....
Bukan karena aku tidak mencintaimu, tapi lebih karena aku tidak cukup layak untuk menggantikan Limar bagimu. Baru kusadari cinta Limar terlalu sempurna , sehingga apa yang kupunyai tidak sanggup menggantikan apa yang limar persembahkan untukmu . (Hal 78)


Pergolakan batin Puan saat menemukan dirinya menduakan hati.


Mengapa kau ingin aku yang menentukan jawaban untuk cincin ini?...Pasti karena begitulah caramu menghargai aku. Kau memberiku kesempatan untuk menentukan kata akhir untuk “menyelesaikan” dan bukannya “diselesaikan”.Untuk memosisikan aku bukan sebagai seseorang yang tersingkirkan . Begitulah kau menghargai perasaanku. (Hal 75).


Puan pun sesungguhnya masih mencintai Limar. Namun rasa bersalah telah membuat nyalinya ciut untuk kembali.


Tapi aku tidak punya cukup keberanian untuk kembali. Aku tidak punya cukup pengampunan untuk memaafkan diriku sendiri. Jadi, jawabannya itulah yang aku pilih, melebur cincin. Jawaban yang membawaku pada sebuah jalan sunyi. (Hal 80)


Ending yang dipilih Sanie B Kuncoro mungkin tidaklah begitu menyenangkan. Namun endinng mampu ini memberikan pelajaran bahwa cinta adalah proses saling membebaskan. Cinta adalah sebuah kemisteriusan yang mampu memberikan kekuatan pada seseorang untuk saling melepaskan.
Pada akhirnya cinta menuntun semuanya menuju sebuah jalan yang sunyi.


Kisah kedua bertitel Kekasih gelap. Menceritakan tentang sesosok Senja yang menjadi kekasih gelap Ruben, pria beristri yang sebentar lagi memiliki anak. Dan karena sebuah ide gila Ruben, Senja terpaksa harus melakukan pelayaran bersama Benteng sebagai pasangan palsunya agar Ruben dan Aline yang juga sedang berlayar di kapal pesiar tetap mampu bersamanya.


Cinta menjerat Senja dalam setiap keinginan Ruben. Ia tak mampu menolak. Karena ia memang tak pernah bisa menolak keinginan Ruben. Begitulah cinta yang memenjarakan hatinya. Meski ia harus menjadi orang ketiga dan rela cemburu untuk tiap kemesraan yang mesti dibaginya.
Hingga ia bertemu Benteng, teman Ruben yang menyadarkannya bahwa ia harus mampu menolong dirinya. Ia tak boleh larut dalam jeratan ini.


Apa yang perlu kau lihat adalah jangan membiarkan dirimu terjatuh makin jauh. Ruben terus memberimu harapan dan kau akan terus terlena untuk mengikutinya.( Hal 118)


Kita adalah pecundang. Aku membiarkan diri terhanyut dalam dosa perselingkuhan sementara kau terjebak dalam perjudian demi mengejar ambisi untuk menang dan mendapatkan harta. Bagaimana kita mengakhiri ini semua? Mungkinkah kita akan mendapatkan kesempatan lain? Kesempatan untuk berhenti dari semua kepahitan ini, lalu memilih jalan lain dan menjadi sosok yang baru kemudian hari? Hal. 126-127)


Sanie memaparkan tokoh senja sebagai sosok ketiga. Hadir sebagai sosok nomor dua dan bukan satu-satunya. Harus membagi cinta dan tak pernah menggenggamnya secara utuh.


Inikah kebahagian yang diinginkannya?Meraih cinta dalam genggaman tapi menyembunyikan diri sedemikian rupa? (Hal 137)


Ending cerita kedua ini cukup membahagiakan. Senja memilih untuk melepaskan Ruben. Dan hatinya telah tertaut pada Benteng.


Ya, begitulah cinta penuh misteri. Cinta begitu kaya dengan eksplorasi imajinasi yang tak pernah habis.Sanie sekali lagi membuatku jatuh cinta. Dan akan kubiarkan cinta ini mengalir apa adanya.


19 November 2010

Comments

  1. Biarkan cinta mengalir pada sungai-sungai rindu dan kembali beradu pada muaranya,
    cinta akan mencapai titik tertingginya saat dia mampu melepaskan dg senyum...
    *let's ur heart free (begitu tulisan d bungkus permen marshmallow yg ku makan tadi sore =D

    ReplyDelete
  2. bagi marshmallownya ke peribiru donk...:)

    ReplyDelete
  3. Anonymous12/09/2010

    Terima kasih untuk ini post.Admiring indah waktu dan usaha yang Anda lakukan ke dalam blog Anda dan informasi rinci yang Anda tawarkan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

The Intimate Lover

Apa yang akan kamu lakukan jika bertemu Mr. Rightman sesaat sebelum kamu menikah?

Ms. Girl, perempuan yang telah bertunangan bertemu dengan Mr. Boy disuatu hari di dalam lift. Hanya mereka berdua di dalam lift yang meluncur turun dari lantai 20. "Jika tidak ada orang yang bersama kita dilift ini hingga lantai dasar, maka aku akan mentraktirmu minum"kata pria itu. Sayang, sang wanita memilih menginterupsi lift tersebut. Berhenti satu lantai sebelum lantai tujuan mereka dan memilih pergi.

Tapi gerak bumi mendekatkan mereka. Tak berselang waktu mereka kembalib bertemu dan saling bercakap. Tak bertukar nama, memilih menjadi orang asing bagi masing-masing. Bertemu, berkenalan, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama. Menyerahkan pada semesta kapan mereka hendak berpisah.

Namun, ketika semesta mengharuskan mereka berpisah, dua orang tersebut telah saling jatuh cinta. Seberapa pun mereka berusaha berpisah, hati mereka tetap saling ingin bertemu. Saling dekat. Keduanya mem…

Dapat Kiriman Moneygram

Ini adalah pengalaman pertama saya mendapatkan kiriman uang dari luar negeri. Sedikit norak dan kampungan sih. Tapi tak ada salahnya membaginya di sini. Setelah saya googling di internet kurang yang mau berbagi pengalaman tentang transferan luar negerinya. Nah, karena Kak Yusran yang bersekolah di Amerika berniat mengirimi saya uang buat tiket ke Bau-Bau, maka dia akhirnya mengirimkan uang. Dalam bentuk dollar lewat jasa layanan Moneygram yang banyak tersedia di supermarket di Amerika. Moneygram sama seperti Western Union. Tapi Western Union lebih merakyat. Mereka bekerja sama dengan kantor Pegadaian dan kantor pos. Sehingga di kampungku pun ada fasilitas Western Union (tapi saya belum tahu berfungsi atau tidak). Moneygram sendiri setahu saya hanya bekerja sama dengan beberapa bank. Saya belum pernah tahu kalo Moneygram juga sudah bekerja sama dengan kantor pos, meskipun informasi dari teman-teman di twitter mengatakan demikian. Jasa layanan pengiriman uang macam Moneygram dan Western…

Susahnya Hunting Playgroup

Usianya sudah 3 tahun 10 bulan tahun ini. Dia suka bilang, "Mama, Ara mau sekolah". Dia juga suka main sekolah-sekolahan dengan saya. Memaksa saya jadi guru atau dilain waktu ia menjadi guru saya. Ia cukup demanding menjadi guru. Kadang kalo saya tidak memperhatikan dia atau tidak sesuai sekenario cerita yang ada di kepalanya dia bakal marah dan teriak kencang. 
Tahun pelajaran baru akan segera dimulai. Saya pun grasak grusuk nyari informasi tentang sekolah untuk kanak-kanak. Di awal tahun 2015 saya sudah sibuk searching di internet. Dapat info tentang sekolah alam di daerah Bogor. Pendaftaran gelombang pertamanya udah tutup. Sekolah ini awalnya jadi prioritas. Konsep sekolah alam yang lagi ngetrend dengan sistem pembelajaran yang berbeda dari sekolah mainstream cukup ampuh membuat saya ingin menyekolahkan Ara di sana. Sekolahnya masuk kompleks. Lahannya luas. Ruang kelasnya berupa saung bambu. Ilmu agamanya bagus. Yang nda sesuai adalah harganya yang melambung tinggi. Sekita…