Skip to main content

Status-Status Fesbuk


Ada aplikasi baru di fesbuk. Namanya "My Status In 2010". Aplikasi ini merekap semua status yang terbit di laman fesbukmu dan tidak kamu hapus. Terdengar agak berlebihan mungkin. Kamu akan melihat apakah kamu paling rajin mengupdate status atau tidak. 


Albumku berisi 57 foto yang isinya aneh-aneh. Ada yang lucu. Ada yang sedih. Ada yang romantis. Beberapa teman hanya punya belasan. Mungkin mereka tidak perlu berbagi rasa di fesbuk. Tapi ada juga yang bahkan sampai ratusan. Kakakku saja untuk April, Ia punya 90 foto. Bisa kau bayangkan apa yang dilakukannya setiap hari adalah update status.


Seorang teman berseloroh, kamu dibayar ya buat update status? Lucu juga jika untuk update status aku dibayar.Dengan senang hati akan aku lakukan. Mungkin bagi sebagian orang update status adalah sesuatu yang sedikit agak lebay. Tidak ada kerjaan. Tapi bagiku update status adalah berbagi rasa. Ada saat dimana kanal-kanal di otakku tersumbat dan kemudian tak menemukan orang untuk diajak ngobrol atau tidak ingin berbagi banyak pada orang lain.


Status menjadi wakil  untuk itu. Sedikit kata, namun sangat penuh makna. Bahkan sisi-sisi puitisku terasa hanya untuk merangkum gejolak rasa yang hadir dalam sebuah kalimat simpel. Tak seperti Twitter yang terbatas karakter. Namun sedapat mungkin aku selalu berusaha membuat simpel tapi dalam.


Apa yang kutemukan dalam albumku? Ada banyak cerita di sana. Rasanya membaca halaman-halaman buku harian. Aku tahu kapan saat aku begitu sibuk dengan kerja sehingga update pun begitu jarang. Aku tahu pada bulan mana ada rasa yang begitu meruncing. Sengsara seperti ingin lepas dari begitu banyak ikatan. Namun ada bulan dimana kudapati aku begitu bahagia.


Aku tahu sedikit orang yang memahami ratusan kalimat yang kubuat menjadi status itu. Memang seperti itulah maksudnya. Biarlah sedikit saja yang memahami rasaku. Aku hanya butuh mesin pengingat yang mampu menyimpannya. Dan aplikasi ini begitu berarti. (Hah, coba kalo dengan komentarnya.Hihihihhi.)


Aku mendapati sebuah kolom komentar di album milik teman. " Mengapa tak kau print dan masukkan dalam time capsule?". Ide yang bagus. Kenapa tidak? Jika kamu tak pernah punya diary sama sekali dan membuat album ini, anggaplah ini diary buatmu.


Ada saat dimana aku menemukan waktuku bersama orang lain di Album statusnya. Seperti ketika aku menikmati nonton bola di rumah kakakku. Rasanya semua itu baru kemarin. Waktu berjalan begitu cepat.Di awal 1 Januari 2010, seorang teman menuliskan statusnya " Satu hari di 2010 telah berakhir, masih ada 364 hari lagi".


Hei, tak cukup sepuluh hari lagi kita menghabiskan semua hari di tahun ini. Banyak rasa yang hadir. Ada tangis disana, tapi juga banyak tawa dan juga banyak perjalanan. Kata film Before Sunset "Kenangan itu indah jika kau tak perlu berhubungan dengan masa lalu". Tapi bagiku masa lalu adalah seperti sebuah jejak yang indah untuk selalu diingat.


Bagaimana denganmu?

Comments

  1. Setelah baca tulisan ini, saya semakin tidak malu lagi utk meng-update status lagi di fesbuk, krn itu adalah ungkapan-jawaban yg paralel, kecil tapi bisa mengubah.

    ReplyDelete
  2. Mari mengupdate status :)

    ReplyDelete
  3. aeperti biasa, kau mampu mengubah hal-hal kecil menjadi tulisan yang menarik.

    Saya cuma 67 buah, hahahahaha, kebanyakan curcol

    ReplyDelete
  4. ih baru ka sadar ini pagi....lebay na koment2 ku :D

    ReplyDelete
  5. hi thanks infonya, gw jagi pake aplikasi ini juga.. heheh.. setelah dirangkum saya cuman py dua gambar rangkuman. artinya saya jarang update status fb.

    saya tambahin caption di bawah rangkuman pertama (inspired dari tulisannya dwi juga si)

    yoohoo it's like a diary of what u've written as ur fb status. as silly it may sound but this is like a diary for ME :D

    trus yang gambar kedua:
    when i see back in my year of 2010. i thank God that im not that crazy about updating FB status. it really is annoying to see too many updates from ur frens. really. what u can do is go straight away to ur FB PROFILE, NOT HOME! :D haha.. as selfish as i may sound here, i really thank God i have more time to live in reality than too often updating FB status.

    ya gt de intinya sy punya love hate relationship with fb. haha tu kan curcol lagik -.-

    ReplyDelete
  6. @ ribka : nda pha2 kali klo punya hubungan buruk dengan fb. Malah keren!!!ketika orang pada sibuk update status dan ketergantungan dirimu masih bisa tetap seperti biasa. heheheehehehe. btw, minta alamat fb dunks...:D

    ReplyDelete
  7. udah aku add fb mu, moga aku ga salah orang ya.. bener kan ya tu?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

The Intimate Lover

Apa yang akan kamu lakukan jika bertemu Mr. Rightman sesaat sebelum kamu menikah?

Ms. Girl, perempuan yang telah bertunangan bertemu dengan Mr. Boy disuatu hari di dalam lift. Hanya mereka berdua di dalam lift yang meluncur turun dari lantai 20. "Jika tidak ada orang yang bersama kita dilift ini hingga lantai dasar, maka aku akan mentraktirmu minum"kata pria itu. Sayang, sang wanita memilih menginterupsi lift tersebut. Berhenti satu lantai sebelum lantai tujuan mereka dan memilih pergi.

Tapi gerak bumi mendekatkan mereka. Tak berselang waktu mereka kembalib bertemu dan saling bercakap. Tak bertukar nama, memilih menjadi orang asing bagi masing-masing. Bertemu, berkenalan, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama. Menyerahkan pada semesta kapan mereka hendak berpisah.

Namun, ketika semesta mengharuskan mereka berpisah, dua orang tersebut telah saling jatuh cinta. Seberapa pun mereka berusaha berpisah, hati mereka tetap saling ingin bertemu. Saling dekat. Keduanya mem…

Kesatria Putih dan Peri Biru

Di sebuah zaman, di negeri antah berantah tersebutlah sebuah kerajaan bernama Koin Emas. Di kerajaan ini semua rakyat rajin bekerja dan pandai menabung. Setiap koin yang dihasilkan dari bekerja setiap harinya disisihkan untuk ditabung untuk masa depan.

Sang raja memiliki tempat penyimpanan khusus untuk setiap koin yang disisihkan rakyatnya. Namun terdapat satu koin pusaka yang telah turun temurun diwariskan oleh raja-raja terdahulu. Koin itu diyakini drachma asli dari Dewa yang diturunkan khusus dari langit dan diwariskan untuk menjaga kesejahteraan kerajaan Koin Emas.

Koin pusaka tersebut menjadi pelindung kerajaan Koin Emas. Jika koin itu hilang diramalkan kesejahteraan di kerajaan Koin Emas akan berubah menjadi kesengsaraan. Koin itu pun dinilai memiliki khasiat mampu member kekuatan dan kekuasaan bagi yang memilikinya. Raja begitu menjaga pusaka tersebut. Ia takut jika koin pusaka itu hilang atau dicuri.

Hingga suatu hari kedamaian di kerajaan itu terganggu. Seekor Naga Merah men…

Dapat Kiriman Moneygram

Ini adalah pengalaman pertama saya mendapatkan kiriman uang dari luar negeri. Sedikit norak dan kampungan sih. Tapi tak ada salahnya membaginya di sini. Setelah saya googling di internet kurang yang mau berbagi pengalaman tentang transferan luar negerinya. Nah, karena Kak Yusran yang bersekolah di Amerika berniat mengirimi saya uang buat tiket ke Bau-Bau, maka dia akhirnya mengirimkan uang. Dalam bentuk dollar lewat jasa layanan Moneygram yang banyak tersedia di supermarket di Amerika. Moneygram sama seperti Western Union. Tapi Western Union lebih merakyat. Mereka bekerja sama dengan kantor Pegadaian dan kantor pos. Sehingga di kampungku pun ada fasilitas Western Union (tapi saya belum tahu berfungsi atau tidak). Moneygram sendiri setahu saya hanya bekerja sama dengan beberapa bank. Saya belum pernah tahu kalo Moneygram juga sudah bekerja sama dengan kantor pos, meskipun informasi dari teman-teman di twitter mengatakan demikian. Jasa layanan pengiriman uang macam Moneygram dan Western…