Skip to main content

Dapat Kiriman Moneygram

Ini adalah pengalaman pertama saya mendapatkan kiriman uang dari luar negeri. Sedikit norak dan kampungan sih. Tapi tak ada salahnya membaginya di sini. Setelah saya googling di internet kurang yang mau berbagi pengalaman tentang transferan luar negerinya. Nah, karena Kak Yusran yang bersekolah di Amerika berniat mengirimi saya uang buat tiket ke Bau-Bau, maka dia akhirnya mengirimkan uang. Dalam bentuk dollar lewat jasa layanan Moneygram yang banyak tersedia di supermarket di Amerika. Moneygram sama seperti Western Union. Tapi Western Union lebih merakyat. Mereka bekerja sama dengan kantor Pegadaian dan kantor pos. Sehingga di kampungku pun ada fasilitas Western Union (tapi saya belum tahu berfungsi atau tidak). Moneygram sendiri setahu saya hanya bekerja sama dengan beberapa bank.

Saya belum pernah tahu kalo Moneygram juga sudah bekerja sama dengan kantor pos, meskipun informasi dari teman-teman di twitter mengatakan demikian. Jasa layanan pengiriman uang macam Moneygram dan Western Union lebih gampang dibanding transfer lewat bank antar negara. Sepengatahuan saya, ada istilah Nostro atau entah apa. Yaitu bank yang menjadi rekanan dimana kita akan mengirim uang. Ribet pokoknya. Bayarannya pun mahal. Kadang kena charge di bank pengirim juga bank penerima. Nah, kalo Moneygram lebih gampang. Sisa kirim uang yang biayanya tergantung besaran uang yang dikirim. Semakin besar, semakin mahal. Tapi lebih gampang di terima dan tidak ada bayaran bagi penerima. Setelah bertanya pada ex-bos saya yang kerja di bank akhirnya saya ke Bank Mega Ahmad Yani untuk mencairkan kiriman uang saya. Saya tak perlu lagi melakukan transaksi jual beli valas, karena pengirim telah mengkonversi ke rupiah. Jadi saya langsung terima pake rupiah. Ternyata eh ternyata di Bank Mega Ahmad Yani tak ada fasilitas Moneygramnya. Padahal di-plang kantornya ada tulisan Moneygram. Juga dicabang sebelahnya. Ah,setahuku juga di beberapa cabangnya yang memajang neonbox Moneygram tapi tidak memberi pelayanan Moneygram. Mereka harusnya membuka plang tersebut.

Saya pun beralih ke Bank Niaga Syariah. Bank ini telah biasa memberi pelayanan penerimaan Moneygram. Too bad, sistemnya sedang terganggu. Saya disuruh ke Bank Niaga konvensional yang berjarak 10 meter. Dan sekali lagi sistemnya terganggu. Jengkel deh. Saya malah disuruh ke Bank Niaga di jalan Bandang. Ah, saya benar-benar tidak suka bank. Karenanya saya memilih resign dari bank. Saya menyerah. Berbekal uang yang sangat pas di kantong saya pulang ke rumah dan memilih besok pagi saja ambil uangnya. Saya memention akun @supirpete2 di twitter siapa tahu saja followernya ada yang tau bank mana saja yang bisa melayani pengambilan uang Moneygram. Dua orang merespon dan memberi info yang sangat saya butuhkan. Ada kantor moneygram di Makassar. Jl. Sultan Hasanuddin No.12. Samping Gelael. Saya memilih untuk ke sana saja. Pasti tak ada istilah sistem offline di sana. Awalnya sempat bingung karena gedung yang dimaksud adalah wisma (lupa namanya) sekalipun ada plang Moneygram di depan. Tapi, saya tidak salah alamat. Benar memang itu kantor moneygram. Menyewa ruang kecil di dalam wisma dengan karyawan dua orang. Sangat jauh dari bayangan saya yang mengira akan seperti suasana bank. Pegawainya pun ibu dan bapak yang sudah cukup usia. Tapi pelayanannya ramah. Saya suka. Sempat ditanya-tanya siapa pengirim uangnya, kerja apa. Saya rasa itu wajar, karena jasa pengiriman seperti ini sangat berpotensi untuk pencucian uang. Karena tak terdeteksi pembukuannya seperti di bank.Yang pasti tak ada potongan dari uang yang dikirim.Cukup fotokopi KTP dan nomor referensi dari pengirim.Hehehehehe. Kalo ada kiriman uang lagi, saya tidak akan antri di bank lagi.weeek :p.(*)

Comments

  1. berurusan sama bank emang menyebalkan :( saya juga kmaren ada masalah dengan bank dan akhirnya jadi pihak yang kalah.. kesel banget padahal benar dan punya bukti :(

    lho kook jadi curcol eheheheh

    kalo kasus mba nya untung duitnya bisa cair akhirnya yaaa :D

    ReplyDelete
  2. bang bagaimana cara ngurus money gram mohon info

    ReplyDelete
  3. bang bagaimana cara ngurus money gram mohon info

    ReplyDelete
  4. bang bagaimana cara ngurus money gram

    ReplyDelete
  5. bang bagaimana cara ngurus money gram mohon info

    ReplyDelete
  6. Mantaap... Terima kasih banyak atas infonya. Sangat membantu kami yang sering mengirimkan Tas kulit Asli keluar negeri.

    ReplyDelete
  7. Mantaap... Terima kasih banyak atas infonya. Sangat membantu kami yang sering mengirimkan Tas kulit Asli keluar negeri.

    ReplyDelete
  8. Saya malah disuruh bulak balik antri isi data cape deh bca loh

    ReplyDelete
  9. Anonymous3/31/2014

    Kalo saya malah disuryh bulak balik anyri dan isi data di bca depok. Mau terima moneygram saja ko susah.

    ReplyDelete
  10. Saya malah disuruh bulak balik antri isi data cape deh bca loh

    ReplyDelete
  11. santy maryam6/29/2014

    klo suami sy nga sempat , sy bw fotocopy ktpx bs nga yahh.........bls

    ReplyDelete
  12. Anonymous7/06/2016

    mau nanya, kalo ngambil uangnya apa harus di hari yang sama? berapa lama maksimal kita bisa mengambil uang kita?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

The Intimate Lover

Apa yang akan kamu lakukan jika bertemu Mr. Rightman sesaat sebelum kamu menikah?

Ms. Girl, perempuan yang telah bertunangan bertemu dengan Mr. Boy disuatu hari di dalam lift. Hanya mereka berdua di dalam lift yang meluncur turun dari lantai 20. "Jika tidak ada orang yang bersama kita dilift ini hingga lantai dasar, maka aku akan mentraktirmu minum"kata pria itu. Sayang, sang wanita memilih menginterupsi lift tersebut. Berhenti satu lantai sebelum lantai tujuan mereka dan memilih pergi.

Tapi gerak bumi mendekatkan mereka. Tak berselang waktu mereka kembalib bertemu dan saling bercakap. Tak bertukar nama, memilih menjadi orang asing bagi masing-masing. Bertemu, berkenalan, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama. Menyerahkan pada semesta kapan mereka hendak berpisah.

Namun, ketika semesta mengharuskan mereka berpisah, dua orang tersebut telah saling jatuh cinta. Seberapa pun mereka berusaha berpisah, hati mereka tetap saling ingin bertemu. Saling dekat. Keduanya mem…

Kesatria Putih dan Peri Biru

Di sebuah zaman, di negeri antah berantah tersebutlah sebuah kerajaan bernama Koin Emas. Di kerajaan ini semua rakyat rajin bekerja dan pandai menabung. Setiap koin yang dihasilkan dari bekerja setiap harinya disisihkan untuk ditabung untuk masa depan.

Sang raja memiliki tempat penyimpanan khusus untuk setiap koin yang disisihkan rakyatnya. Namun terdapat satu koin pusaka yang telah turun temurun diwariskan oleh raja-raja terdahulu. Koin itu diyakini drachma asli dari Dewa yang diturunkan khusus dari langit dan diwariskan untuk menjaga kesejahteraan kerajaan Koin Emas.

Koin pusaka tersebut menjadi pelindung kerajaan Koin Emas. Jika koin itu hilang diramalkan kesejahteraan di kerajaan Koin Emas akan berubah menjadi kesengsaraan. Koin itu pun dinilai memiliki khasiat mampu member kekuatan dan kekuasaan bagi yang memilikinya. Raja begitu menjaga pusaka tersebut. Ia takut jika koin pusaka itu hilang atau dicuri.

Hingga suatu hari kedamaian di kerajaan itu terganggu. Seekor Naga Merah men…