Images

The Great Gatsby


Judul : Great Gatsby
Penulis : Francis Scott Fitzgerald
Penerbit : Selasar

Nick Carraway adalah narator dalam buku ini. Ia bertetangga dengan Jay Gatsby. Pria yang dituturkan ceritanya. Jay Gatsby adalah konglomerat yang selalu mengadakan pesta mewah di kediamannya. Ratusan mobil yang membawa orang-orang terkenal, artis, hingga pejabat membanjiri rumah tiap kali dia membuat pesta. Namun tak ada yang benar-benar mengenal Jay Gatsby. Siapa ia, bagaimana latar belakangnya, tak ada yang peduli. Para penikmat pesta itu menganggap menghadiri pesta meriah Gatsby merupakan upaya memberi identitas pada diri sebagai kaum jetset dan borjuis. 

Hingga suatu hari Carraway menerima undangan khusus dari Tuan Gatsby untuk hadir di pestanya. Di sinilah awal perkenalan Carraway dan Gatsby. Sekalipun Carraway tidak terlalu mengenal Gatsby dan tidak mengetahui asal usulnya serta bertindal cukup hati-hati pada Tuan Gatsby, Carraway menemukan sifat yang tulus dari Gatsby. Carraway akhirnya mengetahui bahwa Gatsby adalah pacar lama Daisy, sepupunya, sebelum menikah dengan Tom Buchanan. Sayangnya, Gatsby yang dulunya adalah tentara miskin tidak mampu masuk ke kehidupan mewah Daisy. Kisah cintanya pada Daisy membawanya pada kisah tragis yang menyedihkan. 

Franciss Scott Fitzgerald adalah pengarang kenamaan Amerika abad 20. Buku The Great Gatsby yang ditulis tahun 1925 menyajikan pelajaran akan kemanusiaan. Bagaimana sebuah kelompok manusia yang menilai status orang lain dari kacamata kaya dan miskin. Mengenyampingkan tenggang rasa yang harusnya dimiliki manusia dalam berhubungan dengan manusia lain. Buku ini menyisakan bahan perenungan yang tetap relevan untuk masa sekarang sekalipun karya satra ini terbilang cukup klasik. 

Jika pernah menonton film The Great Gatsby, maka pembaca tidak akan menemukan perbedaan yang begitu mencolok dengan cerita buku. Malah tiap gambaran cerita lengkap divisualisasikan dalam film. Sepanjang membaca buku ini wajah Toby dan Leo terbayang-bayang di kepalaku. FYI,  F.S. Fitzgerald adalah penulis yang memberikan istilah Big Apple pada kota New York. 

Anyway, buku ini saya beri 3,5 dari 5 bintang. Selamat membaca. (*)
V.   Bbb.   Fbfb. !b a
Bone, 19 Maret 2014 fhfbf

1 comment:

  1. Dan buku ku yang ini belum tersentuh >.<
    bagus terjemahannya Selasar kak? Punyaku terbitan Serambi

    ReplyDelete