Skip to main content

Morning Glory (Film)


Adalah Becky Fuller (Rachel McAdams) seorang producer acara berita dipecat dari kantornya dengan alas an pengurangan beban tenaga kerja. Ia pun berjuang keras untuk mendapatkan pekerjaan di stasiun televise kembali. Hingga akhirnya ia dipekerjakan sebagai eksekutif producer pada acara berita pagi “DayBreak” di stasiun TV IBS.

Acara berita pagi ini telah mengudara sejak 40an tahun dan perlahan mengalami penurunan ratting. Becky harus berusaha keras untuk membuat acara ini tetap bertahan dan memiliki ratting tinggi. Di hari pertamanya bekerja ia pun lantas memecat pembaca beritanya dan menggantinya dengan Mike Pomeroy (Harrison Ford), seorang jurnalis senior pemenang berbagai piala bergengsi ditingkat jurnalistik yang tidak lagi memiliki acara di televise tapi masih berada di bawah kontrak IBS.
Mike Pomeroy terpaksa menerima tawaran Becky karena ia telah vacuum 6 bulan bekerja dan hal tersebut mengancam kontraknya di IBS.

Tapi tak mudah bekerja dengan Mike. Standar berita baginya adalah Hard news yang memiliki bobot berita yang sangat tinggi. Bukan berita-berita ringan yang biasa ditampilkan pada acara berita pagi. Becky pun berusaha sekuat tenaga membujuk Mike untuk menikmati acara Daybreak tanpa harus terlihat kaku. Namun, ratting adalah segalanya bagi sebuah acara televise. Dan ratting Daybreak perlahan turun ke angka yang lebih buruk dari sebelumnya.

Becky pun berusaha mengambil langkah-langkah untuk menaikkan ratting karena jika tidak dalam waktu 6 minggu Daybreak digantikan oleh opera sabun atau game show. Becky pun lantas memakai taktik “ mengikuti permainan”. Membuat live report secara langsung, misalnya ketika reporter cuacanya menaiki rollercoaster, bermain gulat, atau mencium katak.

Mike tidak pernah sepakat dengan ide berita tersebut. Ia memperdebatkan antara informasi dan hiburan. Baginya informasi lebih penting dari hiburan. Dan hal yang dilakukan Becky adalah lebih banyak memberikan hiburan. Seperti pada perbincangan mereka tentang pengandaian bahwa hiburan adalah gula yang tidak baik untuk kesehatan. Namun menurut Becky tidak setiap hari manusia harus mengkonsumsi serat. Sesekali perlu mengkonsumsi gula.

Televisi adalah industry. Tak ada yang meragukan itu. Mereka hidup dari iklan-iklan yang memasok banyak uang yang bergantung pada tingkat ratting acara. Semakin tinggi ratting acara berarti semakin banyak yang menonton. Hal ini berarti disanalah ruang-ruang iklan menuai banyak manfaat untuk ditampilkan.

Di acara-acara televisi di Indonesia pun telah mengadopsi system penyajian acara berita yang dikemas santai dan menghibur. Misalnya saja 8-11 di metro tv yang menyajikan hiburan music, masak ditengah berita-berita hard. Tak lain adalah untuk menyajikan sebuah tayangan yang santai tapi juga berbobot. Acara-acara berita kaku tidak lagi dilirik. Yang sekedar membacakan berita dan menampilkan tayangan liputan.
Penonton menginginkan ada sebuah kedekatan saat menonton berita. Memasak adalah salah satu contoh kedekatan tersebut. Selain itu penonton menuntut sebuah liputan berita selalu update dan langsung dari lapangan. Karena itu para praktisi televise berusaha mengejar liputan yang berlabel ekslusif.

Film Morning Glory ini layak ditonton oleh orang-orang yang tertarik terjun di industry televise. Segala tekanan dan upaya gigih makanan sehari-hari yang akan mereka temukan di lapangan. Pada akhirnya preasure yang dialami bersama mampu membuat ikatan kerjasama makin kuat.

Selamat menonton!!!

Comments

Popular posts from this blog

The Intimate Lover

Apa yang akan kamu lakukan jika bertemu Mr. Rightman sesaat sebelum kamu menikah?

Ms. Girl, perempuan yang telah bertunangan bertemu dengan Mr. Boy disuatu hari di dalam lift. Hanya mereka berdua di dalam lift yang meluncur turun dari lantai 20. "Jika tidak ada orang yang bersama kita dilift ini hingga lantai dasar, maka aku akan mentraktirmu minum"kata pria itu. Sayang, sang wanita memilih menginterupsi lift tersebut. Berhenti satu lantai sebelum lantai tujuan mereka dan memilih pergi.

Tapi gerak bumi mendekatkan mereka. Tak berselang waktu mereka kembalib bertemu dan saling bercakap. Tak bertukar nama, memilih menjadi orang asing bagi masing-masing. Bertemu, berkenalan, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama. Menyerahkan pada semesta kapan mereka hendak berpisah.

Namun, ketika semesta mengharuskan mereka berpisah, dua orang tersebut telah saling jatuh cinta. Seberapa pun mereka berusaha berpisah, hati mereka tetap saling ingin bertemu. Saling dekat. Keduanya mem…

Dapat Kiriman Moneygram

Ini adalah pengalaman pertama saya mendapatkan kiriman uang dari luar negeri. Sedikit norak dan kampungan sih. Tapi tak ada salahnya membaginya di sini. Setelah saya googling di internet kurang yang mau berbagi pengalaman tentang transferan luar negerinya. Nah, karena Kak Yusran yang bersekolah di Amerika berniat mengirimi saya uang buat tiket ke Bau-Bau, maka dia akhirnya mengirimkan uang. Dalam bentuk dollar lewat jasa layanan Moneygram yang banyak tersedia di supermarket di Amerika. Moneygram sama seperti Western Union. Tapi Western Union lebih merakyat. Mereka bekerja sama dengan kantor Pegadaian dan kantor pos. Sehingga di kampungku pun ada fasilitas Western Union (tapi saya belum tahu berfungsi atau tidak). Moneygram sendiri setahu saya hanya bekerja sama dengan beberapa bank. Saya belum pernah tahu kalo Moneygram juga sudah bekerja sama dengan kantor pos, meskipun informasi dari teman-teman di twitter mengatakan demikian. Jasa layanan pengiriman uang macam Moneygram dan Western…

Susahnya Hunting Playgroup

Usianya sudah 3 tahun 10 bulan tahun ini. Dia suka bilang, "Mama, Ara mau sekolah". Dia juga suka main sekolah-sekolahan dengan saya. Memaksa saya jadi guru atau dilain waktu ia menjadi guru saya. Ia cukup demanding menjadi guru. Kadang kalo saya tidak memperhatikan dia atau tidak sesuai sekenario cerita yang ada di kepalanya dia bakal marah dan teriak kencang. 
Tahun pelajaran baru akan segera dimulai. Saya pun grasak grusuk nyari informasi tentang sekolah untuk kanak-kanak. Di awal tahun 2015 saya sudah sibuk searching di internet. Dapat info tentang sekolah alam di daerah Bogor. Pendaftaran gelombang pertamanya udah tutup. Sekolah ini awalnya jadi prioritas. Konsep sekolah alam yang lagi ngetrend dengan sistem pembelajaran yang berbeda dari sekolah mainstream cukup ampuh membuat saya ingin menyekolahkan Ara di sana. Sekolahnya masuk kompleks. Lahannya luas. Ruang kelasnya berupa saung bambu. Ilmu agamanya bagus. Yang nda sesuai adalah harganya yang melambung tinggi. Sekita…