Skip to main content

Putri Yang Menyelamatkan Dirinya Sendiri

Zaman dahulu kala hiduplah seorang putri yang memiliki kulit seputih salju. Oleh sang Ratu, ia diberi nama Snow White, Putri Salju. Sayangnya sang putri harus kehilangan Ratu saat ia masih kecil. Sang Raja berusaha menjadi ayah sekaligus ibu sang putri. Namun lambat laun, ia sadar ada beberapa hal yang tidak bisa seorang ayah ajarkan pada sang putri. Hanya seorang ibu yang bisa mengajarnya. Maka sang Raja pun memilih pengganti Ratu yang paling cantik dan paling cerdas untuk Putrinya. Suatu hari sang Raja ke medan perang dan kemudian gugur. Sang putri pun dibesarkan oleh Ratu. Tak ada yang menyangka Ratu adalah seorang penyihir jahat. Dia memiliki cermin sakti. Pada cermin itu ia selalu bertanya " cermin di dinding, siapa yang paling cantik di dunia?". Dan cermin itu akan menjawab bahwa sang ratulah yang paling cantik.

Tahun berlalu hingga Putri salju menjadi dewasa. Sang ratu bertanya kembali kepada cermin ajaib. Sayangnya jawaban sang cermin yang tercantik adalah putri salju. Ratu marah. Ia tak ingin putri salju menjadi yang paling cantik. Maka sang Ratu menugaskan abdi paling setianya untuk membunuh sang Putri. Namun abdi sang ratu tidak tega membunuh Putri Salju. Ia hanya membuangnya ke hutan dan membunuh serigala yang kemudian diambil jantung untuk bukti kematian Putri salju ke sang ratu.

Di hutan putri salju diselamatkan oleh 7 kurcaci. Putri salju diperbolehkan tinggal di rumah kurcaci itu. Di Istana, sang ratu kembali bertanya pada cermin ajaib siapa yang paling cantik. Dan jawabnya masihlah si putri salju. Sang Ratu murka. Ia lantar mencari Putri Salju ke hutan dan memberikan apel merah. Putri salju yang lugu tidak curiga pada Ratu yang menyamar sebagai nenek tua. Ia lalu menggigit buah apel itu yang membuatnya tidur dan tidak terbangun. 7 kurcaci sedih melihat putri salju. Hingga datang pangeran yang kemudian mencium putri salju.Putri salju pun terbebas dari mantra Ratu. Ia bersama pangeran mengalahkan ratu dan hidup bahagia selamanya.

Apakah kamu sudah membaca serial Putri Salju? Ataukah Ayah sudah mendongengkannya untukmu. Putri salju adalah dongeng yang paling sering kubaca. Saya bahkan tidak ingat lagi membacanya dibuku mana saking begitu populernya dongeng ini. Di Disney ia selalu digambarkan memakai gaun biru kuning dengan lengan gelembung merah dan biru tua. Pangeran tampan dengan kuda putih. Tapi zaman bergerak Ara. Perempuan tidak harus menunggu pangeran untuk menyelamatkan dirinya. Dan Putri Salju di zaman kamu lahir pun memiliki cerita lain.

Seminggu lalu kita menonton film Mirror Mirror : Untold Adventure The Snow White. Nonton bareng om Iqo, om Fuad, Titi Ema,dan Titi Ecy. Ditraktir pula.\(^^)/. Film ini tentang. Putri Salju, Penyihir Jahat, Pangeran, Kurcaci, dan Apel. Tapi jangan berpikir tentang cerita yang sama berulang sayang. Dunia sepertinya tidak butuh lagi putri yang hanya tertidur dan menunggu pangeran menciumnya. Dunia membutuhkan putri yang independent. Tidak lagi bodoh tertipu oleh mulut manis nenek tua. Bukan lagi putri lugu yang menerima semua kebenaran. Putri yang dunia tawarkan adalah putri yang menguasai ilmu teknik berpedang, cerdas, dan mampu menyelamatkan dirinya sendiri. Dan di film Mirror-Mirror, sosok Putri salju dihadirkan lagi dengan karakter barunya.

Film ini dibuka dengan animasi yang sangat cantik. Bermula dari cerita yang sama dengan dongeng di atas. Hingga putri salju berulang tahun 18 tahun. Sang ratu yang adalah penyihir jahat diperankan dengan apik oleh Julia Robert. Saya kurang tahu putri salju diperankan oleh siapa. Apalagi sang pangeran. Kupikir Julia Robert begitu keren memainkan perannya sampai saya mengacuhkan pemeran yang lain. Sang pangeran juga tidak begitu tampan. Kesan yang saya tangkap adalah pangeran sangat lemah. Sedangkan putri salju adalah perempuan yang mandiri.

Putri salju yang berulang tahun memberanikan diri keluar dari istana dan menemui rakyatnya. Yang terjadi adalah rakyat yang menderita dan kelaparan karena sang ratu menaikkan pajak. Ratu terancam bangkrut sehingga diberi saran oleh abdinya untuk menikah dengan bangsawan kaya. Saat keluar dari istana putri salju menyelamatkan pangeran yang dilucuti semua pakaian dan hartanya oleh perampok hutan. Cerita bergulir hingga pangeran sampai ke istana ratu untuk meminta pertolongan. Sang ratu terkesima dengan ketampanan sang pangeran dan berniat menikahinya. Sementara cermin ajaib telah menjawab bahwa kelak yang sang ratu tak lagi disebut sebagai yang paling cantik. Tergantung dari sudut pandang penilainya. Sang ratu mencurigai putri salju yang ternyata telah membuat pangeran jatuh cinta saat sang ratu mengadakan pesta dansa. Sudut pandang cantik itu adalah sudut pandang sang pangeran. (Saya menyukai dialog antara cermin dan sang penyihir. Konsep yang paling cantik di dunia adalah konsep dimana sang pangeran yang mengakui kecantikan putri salju. Bukan kecantikan sang ratu dibandingkan oleh semua kecantikan di jagad raya).

Putri Salju dibuang. Pembantu ratu membawakan jantung binatang sebagai bukti dia telah meninggal. Ratu berencana menikahi pangeran. Pangeran yang terlanjur jatuh cinta pada putri salju harus dijampi-jampi agar mencintai ratu. Putri Salju diselamatkan oleh 7 kurcaci. Kurcaci mengajarkan cara bermain pedang. Menjadikan putri salju sebagai anggota kawanan perampok hutan. Hingga tiba hari pernikahan pangeran dan ratu. Putri salju sedih karena ia pun telah jatuh cinta pada pangeran. Bersama 7 kurcaci, putri salju menculik pangeran.

Dan seperti kataku Ara, bukan jamannya lagi pangeran yang harus membangunkan putri dari sihir tidurnya. Sang putrilah yang mencium pangeran. Ciuman itu membebaskan pangeran dari mantra sang ratu. Ratu yang mengetahui putri salju masih hidup turun tangan sendiri untuk membunuh putri salju. Putri salju dengan segala keyakinannya melawan Ratu. Saya suka dialog saat putri salju mengunci pangeran di rumah kurcaci. " Saya telah banyak baca buku yang semua menceritakan pangeran yang menyelamatkan putri dari nenek sihir. Biarkan kali ini saya yang menyelamatkan pangeran yang saya cinta". Hei, putri salju telah beraliran feminis dan memahami emansipasi.

Toh pada akhirnya putri salju berhasil menaklukkan sang penyihir. Pangeran pun turut membantu putri salju. Kupikir tak ada lagi cerita tentang apel beracun. Tapi saya salah. Apel beracun selalu identik dengan putri salju. Diakhir scene, saat pernikahan putri salju dan pangeran, seorang nenek tua datang membawakan apel sebagai hadiah pernikahan. "Makanlah apel ini sebagai hadiah pernikahanmu. Berhasiat untuk awet mudamu" kata nenek itu. Tenanglah, putri salju tidak lugu. Ia malah memotong apel itu dan menyerahkannya seiris kepada sang nenek sambil berkata " maukah kau membuktikannya terlebih dahulu?".

Saya menyukai film ini Ara. Dialog-dialognya cerdas. Kiasan-kiasan yang perlu penerjemahan makna.Pada awalnya saya hanya berharap bahwa ia serupa Rapunzel tapi nyatanya film ini bukan untuk segmentasi anak-anak.Gambaran putri yang kuat, pangeran yang sedikit bodoh, dan nenek sihir yang juga memiliki batasan, menerima segala konsekuensi dari sihirnya adalah karakter-karakter yang kuat di film ini. Film ini diluar ekspektasi saya.
Saya malah tertarik mencari bajakannya dan mempelajari ulang dialog-dialognya.

Ara, menjadi kuatlah seperti putri salju di film ini. Menyelamatkan pangeran dan menyelamatkan dirinya sendiri.(*)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Comments

Popular posts from this blog

The Intimate Lover

Apa yang akan kamu lakukan jika bertemu Mr. Rightman sesaat sebelum kamu menikah?

Ms. Girl, perempuan yang telah bertunangan bertemu dengan Mr. Boy disuatu hari di dalam lift. Hanya mereka berdua di dalam lift yang meluncur turun dari lantai 20. "Jika tidak ada orang yang bersama kita dilift ini hingga lantai dasar, maka aku akan mentraktirmu minum"kata pria itu. Sayang, sang wanita memilih menginterupsi lift tersebut. Berhenti satu lantai sebelum lantai tujuan mereka dan memilih pergi.

Tapi gerak bumi mendekatkan mereka. Tak berselang waktu mereka kembalib bertemu dan saling bercakap. Tak bertukar nama, memilih menjadi orang asing bagi masing-masing. Bertemu, berkenalan, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama. Menyerahkan pada semesta kapan mereka hendak berpisah.

Namun, ketika semesta mengharuskan mereka berpisah, dua orang tersebut telah saling jatuh cinta. Seberapa pun mereka berusaha berpisah, hati mereka tetap saling ingin bertemu. Saling dekat. Keduanya mem…

Kesatria Putih dan Peri Biru

Di sebuah zaman, di negeri antah berantah tersebutlah sebuah kerajaan bernama Koin Emas. Di kerajaan ini semua rakyat rajin bekerja dan pandai menabung. Setiap koin yang dihasilkan dari bekerja setiap harinya disisihkan untuk ditabung untuk masa depan.

Sang raja memiliki tempat penyimpanan khusus untuk setiap koin yang disisihkan rakyatnya. Namun terdapat satu koin pusaka yang telah turun temurun diwariskan oleh raja-raja terdahulu. Koin itu diyakini drachma asli dari Dewa yang diturunkan khusus dari langit dan diwariskan untuk menjaga kesejahteraan kerajaan Koin Emas.

Koin pusaka tersebut menjadi pelindung kerajaan Koin Emas. Jika koin itu hilang diramalkan kesejahteraan di kerajaan Koin Emas akan berubah menjadi kesengsaraan. Koin itu pun dinilai memiliki khasiat mampu member kekuatan dan kekuasaan bagi yang memilikinya. Raja begitu menjaga pusaka tersebut. Ia takut jika koin pusaka itu hilang atau dicuri.

Hingga suatu hari kedamaian di kerajaan itu terganggu. Seekor Naga Merah men…

Dapat Kiriman Moneygram

Ini adalah pengalaman pertama saya mendapatkan kiriman uang dari luar negeri. Sedikit norak dan kampungan sih. Tapi tak ada salahnya membaginya di sini. Setelah saya googling di internet kurang yang mau berbagi pengalaman tentang transferan luar negerinya. Nah, karena Kak Yusran yang bersekolah di Amerika berniat mengirimi saya uang buat tiket ke Bau-Bau, maka dia akhirnya mengirimkan uang. Dalam bentuk dollar lewat jasa layanan Moneygram yang banyak tersedia di supermarket di Amerika. Moneygram sama seperti Western Union. Tapi Western Union lebih merakyat. Mereka bekerja sama dengan kantor Pegadaian dan kantor pos. Sehingga di kampungku pun ada fasilitas Western Union (tapi saya belum tahu berfungsi atau tidak). Moneygram sendiri setahu saya hanya bekerja sama dengan beberapa bank. Saya belum pernah tahu kalo Moneygram juga sudah bekerja sama dengan kantor pos, meskipun informasi dari teman-teman di twitter mengatakan demikian. Jasa layanan pengiriman uang macam Moneygram dan Western…