Skip to main content

Ara dan Aturan Mainnya

     Playing in suitcase with lots of dolls

Setiap melihat Ara dan segala tingkah anak-anak yang dilakukannya, saya selalu bersyukur memiliki anak seperti dirinya. I adore her. Saya jatuh cinta tiap kali dia tersenyum, tertawa bahkan menangis. Selalu ada lakunya yang membuat saya gemas dan ingin memeluk dan menciumnya. 

Dia tumbuh menjadi anak yang aktif, cepat belajar, pengertian, meski keras kepala dan agak kurus :D. 
Dunianya adalah bermain. Segala hal begitu menarik baginya. Kecoa yang berlarian di wc, laba-laba yang merayap di dinding, tikus yang terjebak lem tikus. Bahkan pada tiga sulaman bunga pada lap kotor yang menurutnya seperti muka dengan mata dan hidung. 

Usianya kini hampir 2,5 tahun. Tapi masih saja ia belum berhenti ASI. Awalnya saya sedikit keras kepala untuk menyapihnya. Namun seiring berjalannya waktu ia mulai mengurangi aktivitas nenennya. Mungkin karena dia asyik main dengan sepupunya. Nafsu makannya pun mulai berubah. Ia akan meminta makan ketika lapar. "Makan...egg", katanya. Atau kadang juga "Makan nugget". Atau dengan sedikit gaya kala kutanyai "Ara mau makan apa?", ia menjawab dengan menyanyi lagu "makan apa?". Lagunya harus selesai sampai akhir dengan lirik yang tidak jelas tapi nadanya sesuai. Kalo udah nda tau lanjutannya, ia akan berhenti menyanyi dan memandang saya. Menunggu saya melanjutkan nyanyiannya. Menyajikan makanan pun harus melibatkan dirinya. Jika ingin telur dadar, maka telur itu harus dia yang olah. Mulai dari memecahkan telur, menggarami, mengocok, dan memilih piring yang akan ia pakai untuk makan. Menggoreng telur bersama Ara salah satu kegiatan berantakan yang menyenangkan. Jika bosan makan sesuatu, maka ia hanya akan memilih makan nasi. Tanpa lauk.  

Beberapa hari ini ia memiliki kebiasaan baru, merengek makan nasi jika nasi sudah terhidang di meja. Harus ada piring di hadapannya. Kemudian dengan lagak meniru orang dewasa, ia menyendok nasi ke piringnya, mengambil sayur dan lauk. Selesai. Sisanya biar mama yang habiskan. Tingkahnya kadang menjengkelkan tapi juga ngegemesin. Rekor teranehnya makan adalah dalam kurung waktu tiga jam ia tiga kali meminta makan nasi dengan menu berbeda. Rasanya seperti dikerjai sama Ara. Meski kadang ogah-ogahan mengabulkan keinginannya tapi jika ia meminta soal makanan maka dengan segera saya meladeninya. Soalnya Ara dan makanan adalah dua hal yang harus dijaga harmonisasinya.

    Me and my doll. Her name is Pingky

Bersama Ara sepanjang waktu membuat saya belajar bagaimana cara menghadapinya. Ia bukanlah anak kecil yang tidak tahu apa-apa. Ia mengamati dan juga mempelajari saya. Ia tahu bagaimana bertingkah untuk mendapatkan perhatian saya. Jika saya marah padanya dan memilih diam serta tidak peduli pada tangisan atau rengekannya, maka ia akan menggunakan kata ajaibnya. "Ciking" dan "makan". Ciking adalah bahasanya untuk pipis. Dia suka membolak balikkan kata. Ciking dari kata kencing. Tokor untuk kotor. Lalap untuk nyala. Jika ia main-main air trus pengen lama-lama, saya biasanya memaksanya untuk selesai.    Ia berkeras untuk tetap main-main. Jika sudah capek marah-marah biasanya saya meninggalkannya. Membiarkannya menangis. Jikalau kesabarannya habis dia segera keluar kamar mandi. Menuju kamar dan tersedu-sedu. Kemudian berkata "ciking". Mau tidak mau balik lagi deh ke kamar mandi. 

Di situasi lain, jika saya asyik baring-baring di kamar meninggalkannya bermain bersama Khanza, maka 20 menit kemudian dia akan tersadar dan mencari saya. Ke kamar dan kemudian memaksa saya untuk ikut bermain. "Bangun mama. Turun. Turun" katanya. Turun dari tempat tidur maksudnya. Kadang saya pura-pura bobo sambil memejamkan mata. Langkah pertama yang ia lakukan adalah, menatap wajah saya menunggu sampai saya membuka mata dan mata kami bersitatap. Kalo gaga, ia menjalankan taktik kedua, menangis pura-pura. Jika gagal lagi, ia mulai memaksa turun dan bangun. Dan jika masih tidak berhasil ia segera mengeluarkan magic word "Mama ciking" atau "makan". Di dua kata ini saya selalu kalah. Dengan segera saya bangun tidur membawanya ke WC. Sampai di WC dia cuma berdiri terus minta cebok tanpa pipis. Duh!!!

                      This is us

Taktiknya yang lain untuk mengajak saya ikut bermain adalah menganggu kelangsungan leyeh-leyehku. Jika saya sedang nonton maka ia akan berdiri di depan tivi ( yang tidak seratus persen menghalangi pandangan saya karena tubuhnya yang kecil) kemudian dia menutup layar tivi dengan tangan kecilnya. "Mama, jangan nonton" katanya tegas. Huahuahua....tingkahnya lucu. Mungkin pikirannya adalah ketika memblock pandangannya dengan telapak tangannya maka pandanganku pun akan terblok. Awalnya dia sempat yakin cara ini berhasil. Tapi karena saya masih juga asyik nonton maka cara kedua adalah menutup layar tivi dengan tangannya pas di depan mataku. Gampang buat saya untuk sedikit bergeser dari pemandangan telapak tangan kecil itu dan kembali menonton. Ia pun kembali belajar bahwa taktik itu salah. Kemudian ia menemukan cara jitu dan tepat sasaran. Menutup mata saya dengan telapak tangannya. Itu berhasil dan cukup menganggu. Sejak itu cara membuat saya berhenti nonton dan memperhatikannya adalah menutup mata saya. Bahkan kala ia asyik nenen, dengan iseng dia akan menutup mata saya terus ia berkata "mama tiup". Kalo saya sudah meniup, maka telapak tangannya ia angkat dan dibuat seolah-olah terbang. That's funny and amusing.  

                  Painting is fun

Cara lain mengajak saya bermain adalah menjauhkan segala benda yang mampu menarik perhatian saya dari dirinya. Jika saya sibuk main handphone, ia meraih handphone saya dan berkata "simpan". Jika saya membaca buku, bukunya akan ia ambil dari tangan saya. Matanya mendelik marah seakan berkata " your eyes on me. Not them"

Nah karena Ara pembelajar dan peniru maka tingkah saya pun kadang ia tiru. Semisalnya ketika saya asyik duduk membaca buku, maka ia pun meraih buku bacaannya dan duduk di sampingku. Sembari membuka bukunya dan seolah-olah membaca. Ada sebuah buku favoritnya tentang suara hewan. Judulnya, Can A Cat Quack?. Setiap saya membacakan buku ini saya selalu menjawab "No" untuk pertanyaan yang diajukan ditiap lembarannya. Ara meniru cara saya membaca buku itu. Does a Donkey Moe? No, katanya. Jika ia sudah bertingkah demikian, maka perhatian saya tertuju pada tingkahnya yang lucu. Yang kemudian berujung pada saya membacakan buku buatnya. 

Lain cerita jika dia nenen sambil saya asyik main handphone. Biasanya kalo ia nenen, saya membaca ibook di hp. Ara bakal melipat ibu jarinya, merapatkan keempat jari-jarinya dan fokus memandangi tangannya. Sembari ibu jarinya bergerak-gerak. Ternyata ia memimik tingkah saya yang bermain hp. Biasanya saya tertawa terbahak-bahak melihat tingkahnya, sedangkan ia tersipu malu. 

Ara anak yang cukup pengertian. Ia tahu mamanya nda bisa lepas dari handphone, makanya kalo dia lagi nenen dia akan memastikan handphone cukup dekat dari jangkauan saya. Hehehe. Bahkan kadang ia menyuruh saya pegang hp sebelum dia nenen. Pengertiannya yang lain adalah jika saya sakit, maka manjanya sedikit berkurang. Ia akan berkata pelan "mama sakit" sambil meliat kepadaku. Kadang juga saya iseng pura-pura sakit untuk sedikit ngeles dari aktivitas bermain bersama Ara. Nyatanya adalah saya jadi objek mainan Ara. Dengan segera ia mengambil obat. Obat apapun itu. Mulai dari minyak gosok sampai vitamin. Memaksakan treatmentnya pada saya. Karena sering melihat kakak saya memeriksa pasiennya, maka ia pun melakukan hal yang sama. Seperti mengambil senter dan melihat mata saya. Memaksa saya melihat padahal nyala senternya silau banget. Memaksa saya membuka mulut. Kemudian membuka botol minyak gosok dan menggosokkannya di badan saya. Bahkan sekali pernah memaksa saya membuka mulut dan menelan obat. Menghindar dari aktivitaa dokter-dokterannya Ara, saya menjadikan Etta sebagai tameng. Kalo etta sudah istirahat dan berbaring karena capek mengurus anak ayamnya, maka Ara dengan senang hati menjadikannya bahan eksperimen. Berdua dengan Khanza ia mengolesi Etta minyak gosok. Menaburinya bedak Herocyn. Serta memaksa etta membuka mulut atau memeriksa matanya. Kedua anak itu layaknya karakter Masha di serial kartun Masha and The Bear.  

     Do you wanna hear me sing a song?

Ara sangat suka menyanyi. Mungkin turunan dari Ayahnya. Saat diam atau tidak beraktivitas ia suka menyanyi. Twinkle-twinkle little star, London Bridge, tik tik, 1 2 3 4, pelangi-pelangi, cicak-cicak, balonku adalah lagu-lagu yang ia suka nyanyikan. Liriknya belum sempurna, tapi jika diperhatikan iramanya cukup tepat. Ujung-ujung liriknya pas. Kadang gemes mau rekam ia nyanyi, tapi Ara kalo nyanyi waktunya tidak terduga. Keinginan nyanyinya sesuai keadaan. Pas liat cicak, pas hujan turun. Atau saat liat balon. Kalo dia malas nyanyi, ia memaksaku menyanyi. Seumur-umur cuma dia yang mampu memaksa saya menyanyi. Lagu yang dipilih pun sesuai maunya. "Mama, nyanyi tutut", pintanya. Maka saya pun menyanyi lagu naik kereta api. "Mama, nyanyi sepatu", lagunya tul tuk ada spatu. "Mama, nyanyi lagu love", lagunya i love u. "Mama, nyanyi rainbow", lagunya pelangi-pelangi. Pas saya nyanyi maka ia pun akan merentangkan satu tangannya, tangan lain ditekuk serupa main biola. Ternyata dia memainkan musik. Kenapa biola, dugaanku karena ia pernah melihat orang main biola secara langsung. Ada juga permintaan lagunya yang saya tidak tahu lagu apa. "Mama, nyanyi mobil", "Mama, nyanyi drum", " Mama nyanyi snake" dia pun memaksaku membuat lagu baru. Duh!

Menari adalah kegemaran Ara. Setiap dengar musik maka ia akan berdiri dan bergoyang. "Gego" katanya. joged maksudnya. Kalo ada Khanza yang menemaninya joged nda masalah sih. Yang jadi masalah adalah kalo dia nda punya partner menari. Dia akan memaksa saya menari bersamanya. Mulai dari tarian balet yang berputar-putar, sampe joged alay ala tivi. Jogednya Pocoyo pun ia bisa tiru. Bahkan hanya sekedar menggoyang goyangkan kaki, ia berseru "dance" terus memaksa saya mengikuti gerakannya. Saat saya sudah semangat menari, eh dianya kabur main yang lain. Kalo gede dikit si Ara mau saya masukin ke kelas menari. Biar puas dia jogednya. 

Bahasanya sudah berkembang pesat. Ia mulai berusaha bercerita apa yang ia lihat, dengar, bahkan ingat. Cerita mickey dengan robotnya. Atau Pocoyo dengan remote penghilangnya. Meski masih terbatas kosakata tapi sedapat mungkin saya berusaha memahami. Ada kala ia menyebut dirinya  kakak. "Sini kakak", katanya sambil meraih pensil warna dari tanganku dan mewarnai bukunya. Ia belum tau konsep kakak, tapi ia meniru dari Khanza yang selalu menyebut dirinya kakak. Ia kadang meniru cara ngomong saya ke dirinya.  Dengan partikel bahasa bugis yang juga ia contoh. 

        My favorite spell is "i sis you"

Bermain bersama Ara adalah bermain dengan satu aturan, Ara's Rule. Ikuti semua maunya. Berhenti saat ia mengatakan berhenti. Bergerak saat ia ingin bergerak. Jika tidak bersiaplah mendengarkan teriakan dan rengekan yang memekakan telinga. Mendengar perintahnya, memenuhi permintaannya. Ia belajar banyak dari alam sekitarnya. Dari orang-orang yang ia lihat. Dari tivi dan gadget disekelilingnya.  

Saya berusaha membiasakan hal-hal baik. Cuci kaki tangan dan gosok gigi sebelum tidur. Membaca doa saat bobo. Membiarkan imajinasinya bermain. Memenuhi dahaga kreativitasnya. Saya tahu belum cukup dan saya pun bukanlah contoh yang ideal buatnya, saya pun kadang melakukan hal buruk yang ia contoh. Semisalnya  ketika mengumpat, ternyata ia menyimak dan meniru. Kalimat dari mulut kecilnya itu menyadarkan saya untuk menjaga cara bicara saya. Memilih kalimat positif. Bagus, cantik, good, great, pintar. Tak seratus persen saya menjadi malaikat dengan tutur kata baik dengan tingkah laku yang baik pula, tapi saya berusaha memberi contoh yang baik. Menekan marah, menekan teriakan. Ia belajar dari hal-hal kecil. Ia menyadarkan saya bahwa hal-hal kecil adalah pondasi untuk prilaku yang lebih besar. Ini belumlah sempurna. Masih jauh dari kesempurnaan. Tapi saya dan dia berusaha untuk belajar. Ia mengajari saya dan saya belajar dari dirinya. She is not  just a kid. She is a human. Manusia yang ketika saya berkata " i love u, Ara", ia menjawab " i sis u". Yang berkata "gud nite, mama" sambil mencium pipi saya sebelum tertidur. (*)

Bone, 5 Februari 2014

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dapat Kiriman Moneygram

Ini adalah pengalaman pertama saya mendapatkan kiriman uang dari luar negeri. Sedikit norak dan kampungan sih. Tapi tak ada salahnya membaginya di sini. Setelah saya googling di internet kurang yang mau berbagi pengalaman tentang transferan luar negerinya. Nah, karena Kak Yusran yang bersekolah di Amerika berniat mengirimi saya uang buat tiket ke Bau-Bau, maka dia akhirnya mengirimkan uang. Dalam bentuk dollar lewat jasa layanan Moneygram yang banyak tersedia di supermarket di Amerika. Moneygram sama seperti Western Union. Tapi Western Union lebih merakyat. Mereka bekerja sama dengan kantor Pegadaian dan kantor pos. Sehingga di kampungku pun ada fasilitas Western Union (tapi saya belum tahu berfungsi atau tidak). Moneygram sendiri setahu saya hanya bekerja sama dengan beberapa bank. Saya belum pernah tahu kalo Moneygram juga sudah bekerja sama dengan kantor pos, meskipun informasi dari teman-teman di twitter mengatakan demikian. Jasa layanan pengiriman uang macam Moneygram dan Western

Misteri Sepatu Menggantung di Kabel Listrik

Sumber : Athens News Sepasang sepatu menggantung lunglai di tiang listrik. kabel listrik tempatnya bergantung kokoh tak ingin melepaskan sepatu itu menghujam bumi. Pertama kali tiba di Athens, saya cukup heran dengan sepatu-sepatu yang tergantung di kabel-kabel listrik itu. Kutanya ke seorang teman bule tapi ia tak memberi jawaban yang memuaskan. Kupikir sepatu-sepatu itu dilempar begitu saja karena sudah dirusak atau tidak dipakai. Atau asumsiku yang lain adalah sepatu itu milih olahragawan yang berhenti dari profesi dan memilh menggantung sepatu. seperti pemain sepakbola. Tapi sepertinya asumsi olahragawan itu tidak benar, karena sepatu-sepatu yang menggantung di tiang listrik cukup mudah ditemukan. Jalan-jalanlah di seputaran Athens dan kau akan mendapati sepatu-sepatu menggantung di tiang listrik.  Uniknya sepatu yang digantung itu hanyalah sepatu-sepatu kets. Fenomena ini disebut Shoefiti dan terjadi diberbagai tempat di Amerika. Nyatanya bukan hanya saya saja yang penasar

Kartu pos Bergambar Usang

 Setelah vakum 3 tahun lebih, saya akhirnya kembali mengaktifkan kembali akun Postcrossing. Setelah memastikan   alamat rumah gampang ditemukan oleh pak pos dan pengantar barang, maka saya yakin untuk kembali melakukan aktivitas berkirim kartu pos ke berbagai penjuru dunia dan berharap kartu pos-kartu pos dari berbagai penjuru dunia mendatangi rumahku. Rumah pertama yang harus saya kirimi kartu pos beralamat di Jerman. Saya pun memutuskan untuk mencari kartu pos. Tempat yang paling pasti menyediakan kartu pos adalah di kantor pos dan toko buku. Saya memilih membeli di toko buku saja. Mutar-mutar di Gramedia dan bertanya ke karyawannya dimana bagian kartu pos,sejenak sang karyawan tertegun, kemudian balik bertanya “postcard?”. Next time, saya harus bertanya postcard alih-alih kartu pos. Ia kemudian mengantarku ke satu rak putar yang berada di sudut toko.  Di rak itu bertengger kartu pos-kartu pos berwarna putih, bergambar alam Indonesia, dengan signature khas Indone