Skip to main content

Thanksgiving Di Ohio University

Perayaan Thanksgiving masuk dalam perayaan penting di Amerika. Ada hari libur khusus yang disediakan pemerintah untuk merayakan Thanksgiving. Jika Halloween identik di bulan Oktober maka November identik dengan perayaan Thanksgiving. Namun gegap gempita Halloween masihlah lebih meriah dari Thanksgiving.

Thanksgiving adalah tradisi yang biasanya dirayakan oleh Amerika dan Kanada. Tradisi ini dilakukan pada kamis keempat November di Amerika. Perayaan Thanksgiving bukanlah perayaan keagamaan, tapi lebih kepada perayaan hasil panen. Mengucap syukur atas panen yang dihasilkan sebelum memasuki musim dingin. Thanksgiving menjadi ajang mudik bagi warga Amerika. Thanksgiving identik dengan berkumpul bersama keluarga dan makan bersama.

Thanksgiving dan Makanan Khasnya

Kalkun Panggang

Seminggu lalu, saya menghadiri Thanksgiving Dinner di OU. Acara ini sedikit formal dengan peralatan silverware dan pertunjukan dari Ohio University Singers. Paduan suaranya sangat bagus, meski Ara lebih tertarik berjalan-jalan keluar masuk ruangan dibanding mendengar bule-bule bersuara keren itu menyanyi.

Tapi yang paling menarik bagi saya adalah makan-makan. Hehehehehe. I just paid $5 and eat as much as i can, but tetap elegan dan behave. Soalnya sedikit resmi. Ada 96 kursi yang disediakan dengan meja-meja bundar dan kursi-kursi yang mengelilinginya. Tapi beberapa meja tidak terlalu penuh. Makanan cukup banyak. Panitia dengan baik hati menawarkan untuk tidak malu-malu menambah makanan. Hahahahaha. Boleh bungkus nda y? Behave plisss!

Apa saja makanan Thanksgiving. Hmmm...ada telur rebus yang dikasi mayonaise (lupa namanya), roti mangkuk yang dimakan dengan krim kayak mentega (lupa namanyanya), Sweet Potato, kalo di Indonesia namanya ubi jalar. Tapi penampakan makanan ini dan olahannya sangat amerika dan enak dimakan. Semacam bubur ubi jalar yang dikasi gula. Sweet Potato ini adalah favoritku. Ada Mashed Potato, bubur kentang yang rasanya asin. Kemudian, kacang-kacangan yang diolah kayak sayuran. Trus ada oseng-oseng kacang panjang yang nda tau itu jenis sayuran apa. Penampakannya mirip kacang panjang. Terakhir kalkun panggang plus saus cranberrienya.

Kalkun adalah makanan khas Thanksgiving. Menurut wikipedia, seperenam dari total kalkun yang diternakkan di Amerika dikonsumsi saat Thanksgiving. Kalkun panggang lumayan enak dilidah saya. Dengan catatan hanya bagian dagingnya yang kering. Rasanya mirip daging ayam. Sedangkan daging bagian paha yang sedikit berminyak rasanya agak aneh dan sedikit bau. Mungkin inilah rasa kalkun yang sebenarnya. Dimakan dengan cara mencocol daging kalkun di saus cranberrie. Mirip selesai strawberry, kalo dibayangkan mungkin rasanya bakal berbenturan antara manis, asin ,gurih. Tapi, jangan judge dari tampangnya, rasanya diluar imajinasi. Yang pasti enak :).

pie labu

Tak lupa puding coklat dan pie labu sebagai dessert. Minumannya adalah ice tea, jus apel cider, dan kopi hanget. Saya sempat khawatir ada makanan dengan bahan bacon atau pork yang disajikan, tapi ternyata tidak ada. Jadi saya mencoba tiap masakan kecuali pie labu. Saya sudah pernah mencoba pie labu dan rasanya sedikit aneh. Karenanya saya tidak menyentuh pie yang disajikan malam itu.

Sayangnya, tak ada foto-foto yang bisa ditampilkan di blog ini. Fotograferku sedang kuliah waktu acara Thanksgiving ini. Hehehehehee. Saya hanya menampilkan foto thanksgiving dari google :D. Anyway, Ara sangat doyan makan sajian Thanksgiving itu. Too bad, saya nda tau gimana masaknya. (*)

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Etta

Aku mungkin terlalu sering bercerita tentang ibu. Ketika ia masih hidup hingga ia telah pulang ke tanah kembali aku selalu mampu menceritakannya dengan fasih. Ia mungkin bahasa terindah yang Tuhan titipkan dalam wujud pada tiap manusia. Tapi izinkan kali ini aku bercerita tentang bapak. Pria terdekat yang selalu ada mengisi tiap halaman buku hidupku.Pria yang akrab kusapa dengan panggilan Etta, panggilan ayah pada adat bugis bangsawan. Kami tak begitu dekat. Mungkin karena perbedaan jenis kelamin sehingga kami taklah sedekat seperti hubungan ibu dangan anak perempuannya. Mungkin juga karena ia mendidikku layaknya didikan keluarga bugis kuno yang membuat jarak antara Bapak dan anaknya. Bapak selalu mengambil peran sebagai kepala keluarga. Pemegang keputusan tertinggi dalam keluarga. Berperan mencari nafkah untuk keluarga. Meski Mama dan Ettaku PNS guru, tapi mereka tetap bertani. Menggarap sawah, menanam padi, dan berkebun. Mungkin karena mereka dibesarkan dengan budaya bertani dan ...

Inflasi 101 for Ara

Belakangan ini Ara suka nanyain berapa banyak uang di tabungannya. Uang tabungan hasil salam tempel dari Etta, salam tempel karena puasanya full, hingga uang yang dia dapat kalo berhasil "ngejualin" gambar-gambar bikinannya ke Emaknya. Awalnya tabungan itu pengen dia pake buat beli handphone. Karena selama ini handphone yang dia pakai hanyalah bekas dari bapak emaknya. Dia pengen ngerasain punya handphone baru yang aplikasinya unduhan dia sendiri. Folder fotonya ga penuh dengan foto dan video dari konser boyband. Tapi karena pas ulang tahun ke 10 kemarin, Bapaknya ngadoin handphone baru dia ga jadi bongkar tabungan.  Pernah juga dia terobsesi untuk membeli konsol Nintendo. Entah yang model yang mana. Yang pasti bukan model terbaru. Karena ia berhasil menjelaskan kepada saya kalo harganya ga lebih dari dua juta. Dia kepengen main game Tomodachi yang hanya bisa dimainkan dikonsol itu. Sampai sekarang saya belum ngijinan dengan alasan uang tabungannya belum cukup. Dia pun lama-k...

Seketika Ke Sukabumi

twit ekspektasi vs twit realita Setelah kelelahan karena hampir seharian di Mal sehabis nonton Dr.Dolittle pada hari rabu, dengan santai saya mencuitkan kalimat di Twitter "karena udah ke mal hari Rabu. Weekend nanti kita berenang saja di kolam dekat rumah”. Sebuah perencanaan akhir pekan yang sehat dan tidak butuh banyak biaya. Saya sudah membayangkan setelah berenang saya melakukan ritual rebahan depan TV yang menayangkan serial Korea sambil tangan skrol-skrol gawai membaca utasan cerita yang ga ada manfaatnya.  Sebuah perencanaan unfaedah yang menggiurkan. Tiba-tiba Kamis malam suami ngajakin ke Taman Safari liat gajah pas akhir pekan. Mau ngasih liat ke Anna yang udah mulai kegirangan liat binatang-binatang aneka rupa. Terlebih lagi sehari sebelumnya kami menonton film Dr.Dolittle yang bercerita tentang dokter yang bisa memahami bahasa hewan. Sekalian  nginap di hotel berfasilitas kolam air panas. Hmmm. Saya agak malas sih. Membayangkan Taman Safari yan...